Kontribusi Mahasiswa UNESA dalam Kegiatan Optimalisasi Kestabilan Jaringan Listrik dengan Pemeliharaan Rutin Sambungan Transformator Terhadap Jaringan Tegangan Menengah di PT. PLN (Persero) UP3 Surabaya Selatan – ULP Ngagel

13 Agustus 2024 menjadi hari yang bersejarah dan sangat ditunggu-tunggu oleh penulis, karena hari itu adalah hari pertama penulis mengikuti kegiatan magang di PT. PLN (Persero) UP3 Surabaya Selatan – ULP Ngagel, Jl. Ngagel Timur No. 14-16, Pucang Sewu, Kec. Gubeng, Surabaya. Sebagai seorang mahasiswa S-1 Teknik Elektro, Universitas Negeri Surabaya, kegiatan magang merupakan salah satu agenda yang wajib diikuti sebagai rangkaian program MBKM. Penulis berkesempatan melaksanakan kegiatan selama 4 bulan, di mulai dari 13 Agustus 2024 sampai 12 Desember 2024, dengan jam kerja selama 10 jam, di luar pekerjaan mendadak atau kegiatan urgensi tinggi.
Selama magang berlangsung, penulis di tempatkan di bidang teknik. Adapun kegiatan yang dilakukan meliputi pemeliharaan jarigan tegangan menengah, pemeliharaan gardu trafo tiang (GTT), pemeliharaan gardu beton, konsultasi pelanggan, serta mempelajari bagaimana menjadi seorang supervisor sekaligus leader tim yang baik.
Sesuai dengan judul yang diangkat penulis, “Optimalissai Kestabilan Jaringan Listrik dengan Pemeliharaan Rutin Sambungan Transformator Terhadap Jaringan Tegangan Menengah”, termasuk dalam kegiatan pemeliharaan jaringan tegangan menengah dan pemeliharaan gardu trafo tiang (GTT). Adapun standar operasional yang dilakukan dalam kegiatan pemeliharaan sambungan transformator meliputi:
Inspeksi visual jaringan tegangan menengah oleh tim inspeksi. Bila didapati temuan, maka tim inspeksi akan membuat ‘Take Order’ pekerjaan melalui aplikasi ‘New Asiik 2021’.
Supervisor bidang Teknik, Supervisor K3L, dan Manager ULP akan melakukan supervisi terhadap ‘Take Order’. Setelah itu, akan diterbitkan surat perintah pekerjaan yang diteruskan kepada pekerja.
Tim yang bertugas, tim Har atau vendor, melaksanakan kegiatan pemeliharaan sesuai dengan surat perintah pekerjaan yang didapatkan.
Proses pemeliharaan meliputi pengukuran tegangan dan arus, serta pemeriksaan sambungan dan kekencangan. Pengukuran dilakukan sebanyak 2 kali, sebelum dan sesudah pekerjaan, agar memastikan agar sesuai dengan standar PT. PLN (Persero).
Pekerja melakukan ‘update’ pekerjaan yang telah diselesaikan melalui aplikasi ‘New Asiik 2021’.
Supervisor bidang Teknik, Supervisor bidang K3L, dan Manager ULP melakukan final Ap terhadap hasil ‘update’ pekerjaan untuk menyatakan bahwa pekerjaan telah selesai dilakukan.
Kegiatan pemeliharaan bisa dilakukan karena batas toleransi keseimbangan tegangan antar fasa sebesar 2% terhadap tegangan rata-rata sesuai dengan syarat dan ketentuan layak operasi dari PT. PLN (Persero).
Ketika kegiatan MBKM – Magang selesai, mahasiswa diharapkan dapat belajar apa saja pekerjaan di PT. PLN (Persero), bagaimana pendistribusian tenaga listrik dari Gardu Induk hingga ke pelanggan, serta bagaimana seorang supervisor sekaligus leader tim yang baik dalam memimpin timnya.
Gambar 1. Tim Magang Lapangan
Nama : Silvi Nur Rakhman Nisa’
NIM : 22050874013
Nama Dosen Pembimbing : Miftahur Rohman, S.T., M.T.
NIP Dosen Pembimbing : 198707072019031029
Mitra Magang : PT. PLN (Persero) UP3 Surabaya Selatan – ULP Ngagel
Nama Pembimbing Mitra : Mochamad Faris Baihaqi
NIP Pembimbing Mitra : 9213004JY